Kebanyakan, sebuah drama Korea tamat pada episode yang berjumlah belasan. Biasanya 16 hingga 20 episode dengan durasi kurang lebih 60 menit, dan hanya tayang dua kali dalam seminggu.

Bisa dibayangkan, seberapa sabar para penikmat drama Korea untuk dipuaskan oleh drama kesayangannya tiap minggu. Tiap bulan, akan ada drama baru yang siap menghibur penonton di setiap stasiun televisi. Di MBC, KBS, SBS, TVn, jTBC, dan beberapa stasiun lainnya tak akan pernah bosan menayangkan cerita yang berbeda.

Hingga pertengahan tahun 2016, ada beberapa drama Korea terbaru yang tayang hingga bulan Juni dan masuk ke daftar 6 Drama Korea Terbaik 2016. Datang dari berbagai genre, kamu nggak akan dibuat bosan untuk mengikuti tayangannya hingga tamat. Untuk mengisi waktu luang di akhir pekan, yuk tonton beberapa drama epic ini!

 

Cheese in the Trap

 

Webtoon adalah serangkaian komik yang diunggah di website NAVER di Korea Selatan. Alur cerita yang pada dasarnya beda dengan drama, ditambah lagi dengan genre cerita yang beragam, selalu sukses bikin pembacanya penasaran.

Para sutradara dan produser pun nggak mau ketinggalan untuk mengangkat ceritanya untuk disaksikan di layar TV. Salah satu drama yang diangkat dari serial webtoon dengan judul yang sama adalah Cheese In The Trap.

Kartun web yang dipublikasikan sejak tahun 2010 ini menceritakan tentang kisah seorang gadis muda yang masih di bangku kuliah bernama Hong Seol (Kim Go Eun). Dikisahkan, dia kembali dekat seniornya yang bernama Yoo Jeong (Park Hae Jin).

Kebetulan, Hong Seol yang khas dengan rambut cokelat terangnya ini memang punya sebuah kelebihan, yaitu menebak kepribadian seseorang dalam sejak pandangan pertama. Jadi, dia bisa tahu apakah seseorang itu baik dan layak diandalkan atau tidak.

 

Nah, yang bikin Hong Seol bingung adalah ketika dia tidak bisa membaca kepribadian dari seorang Yoo Jeong. Padahal, sudah ada banyak orang yang sudah dia tebak dan benar adanya. Mengapa seniornya yang satu ini adalah satu-satunya orang yang susah dibaca kepribadiannya? Memang, dari luar sudah terlihat ragam kelebihan yang dimiliki.

Punya wajah rupawan, tinggi semampai nan atletis, dan dengan otak yang encer. Wah, kendala apa nih bikin membuat Hong Seol kesulitan? Apakah senior Hong Seol ini punya sisi dan cerita kelam yang disimpan sendiri tanpa ingin diketahui oleh banyak orang?

Sekilas, mungkin drama ini menceritakan hal yang biasa dijalani oleh anak kuliahan. Tapi, kamu akan disuguhkan dengan hal-hal romantis tak terduga yang siap bikin kamu meleleh dan makin pingin punya senior kayak Yoo Jeong. Kadang, perlakuan yang sederhana siap bikin kamu melting tak karuan.

 

Signal

Walkie-talkie adalah sebuah alat komunikasi yang sudah tidak banyak dipakai sebagai alat konukasi teranyar. Karena HP dengan banyak fitur canggih yang muncul, pun dengan akses internet yang makin cepat.

Tapi, benda ini yang sudah diangap lawas ini bisa menyelamatkan Hae Young (Lee Je-Hoon) yang ingin menyelesaikan kasus pembunuhan teman sekelasnya dulu, Yoon-Jung. Yang lebih mencengangkan lagi, dengan walkie-talkie ini, Hae Young bisa berkomunikasi dengan detektif Jae-Han (Cho Jin Woong), yang pada tahun 2000 lalu menangani kasus pembunuhan yang sama.

Dipertemukan karena ketidaksengajaan di sebuah kasus yang sama, informasi baru apa yang bisa mereka ceritakan satu sama lain? Wah, gimana keseruan komunikasi antara kedua detektif yang datang dari tahun yang berbeda ini? Saksikan selengkapnya dalam serial drama "Signal" yang tayang mulai bulan Januari 2016 yang lalu.

 

Descendant of the Sun

Mengangkat kisah tentang perjuangan seorang tentara yang berjuang di medan perang demi negara memang sudah banyak. Apalagi tentang suka duka saat berperang melawan saudara sendiri di Korea Utara.

Jika lebih mengekspos kisah cinta dengan seorang dokter, mungkin ini pertama kalinya diangkat. Kapten pasukan tentara khusus Korea Selatan yang bernama Yoo Shi Jin yang dibuat jatuh cinta oleh seorang dokter cantik Kang Mo Yeon, adalah kisah yang tak biasa.

Saat orang lain dibuat tidak terlalu suka dengan keadaan rumah sakit, di tempat inilah kedua orang ini dipertemukan dan mulai jatuh cinta. Ditambah lagi dengan konspirasi dari semesta yang tak henti-hentinya datang, pertemuan mereka ini pun berlanjut hingga rasa sayang terpendam dalam perasaan mereka masing-masing.

 

Tak hanya di Korea Selatan, di sebuah tempat terisolasi bernama Urk, mereka pun kembali dipertemukan. Saling sayang, rindu, memendam hingga membohongi perasaan terjadi di sana. Pun saat menjalin hubungan, saling lempar kode nggak lagi mereka lakukan.

Nggak bikin ilfeel, ketidakbasa-basian ini malah membuat mereka makin dekat. Di Urk, menjaga tanah konflik dan mengobati pasien bisa membuat bibit cinta mereka terus berbunga-bunga.

Tak hanya dihibur dengan kisah cinta Big Boss dan Mo Yeon, kamu akan dibuat baper dengan kerumitan kisah kasih yang dirajut oleh sersan Seo Dae Young dan Letnan Yoon Myeong Joo. Memang, sekilas nggak ada yang salah saat punya hubungan spesial dengan teman di profesi yang sama.

 

Tapi, hubungan serius mereka benar-benar diuji karena pangkat yang mereka miliki. Di balik kerumitan dan putus nyambung, mereka juga punya kenangan lucu saat dateng ke nikahan mantan dan makan bersama pasukannya. Flashback yang dinarasikan tak akan bikin kamu menyesal saat nonton.

Untuk jajaran aktor dan aktrisnya, nggak perlu diragukan lagi. Song Joong Ki yang dipasangkan dengan Song Hye Kyo tidak pernah gagal untuk dapat chemistry yang pas. Pun dengan Kim Ji Won dan Jin Goo sebagai pemeran Myeong Joo dan Dae Yeong.

Pujian bertubi-tubi nggak berhenti sebagai reward chemistry yang begitu sempurnanya. Bahkan, sudah tayang 3 episode spesial "Descendant of the Sun" yang siap bikin kamu susah beralih untuk nonton drama baru. Masih butuh alasan untuk melewatkan nonton drama romantis ini?

 

Please Come Back, Mister

Diangkat dari sebuah novel komedi asal Jepang yang berjudul 7 Days od Tsubakiyama, drama yang punya sebutan lain sebagai “Hello, My Precious” ini siap membuat harimu lebih ceria dengan alur yang berbeda.

Para penulis dari negeri Sakura memang bisa membuat cerita yang aneh jadi unik tak ada banding. Drama "Please Come Back, Mister" ini menceritakan tentang seorang pria yang diberikan kesempatan untuk hidup kembali, Kim Young Soo. Sosok yang ada diantara ambang hidup dan mati ini harus merasuki raga orang lain agar bisa menyelesaikan misinya.

Jika misi ini berhasil, kesempatan Young Soo untuk bisa hidup dan kembali raganya akan jadi nyata. Dia merasuki badan Lee Hae Joon (Rain), yang ternyata adalah pria yang digemari banyak wanita. Young Soo tak sendiri, banyak orang yang harus melakukan hal yang sama agar bisa kembali hidup. Bahkan, ada juga yang merasuki raga seorang wanita. Wah, gimana kekocakannya nih?

 

Marriage Contract

Dijadikan sebagai prioritas teratas adalah harapan setiap orang. Menjadi istri kedua, mana ada wanita yang mau dijadikan madu? Jika bukan keadaan yang membuat hal ini jadi terpaksa, Hye Soo tak akan melakukan hal ini.

Tapi, dia rela kembali menikah agar bisa membuat anaknya bahagia. Walau kebahagiaan yang bisa dia berikan pada anaknya tak lagi lama gegara penyakit kronis, dijalani olehnya. Demi kebahagiaan anaknya, dia rela mendonorkan hatinya agar terbebas dari lilitan hutang dari suaminya yang sudah meninggal.

Sesuai judulnya yaitu "Marriage Contract", maka akhirnya Hye Soo mau menerima tawaran untuk menikah secara kontrak dengan Ji Hoon, pewaris dari keluarga kaya yang ibunya membutuhkan pendonor hati ini. dari yang tak ada dasar cinta, rasa yang tak terduga ini mulai mendatangi Ji Hoon dan Hye Soo. Apakah kontrak yang mereka tandatangani bisa menjadi pernikahan atas nama cinta nantinya?

 

Pied Piper

Menyelesaikan tuntas ratusan masalah kriminal memang bukanlah hal yang bisa didapat dengan membalikkan telapak tangan. Jika yang kamu lihat berprofesi di kantor pajak pemerintahan adalah pekerjaan idaman, semua pemikiran itu akan dipatahkan saat nonton drama "Pied Piper" ini.

Suka duka menjadi negosiator akan dibeberkan. Beberapa lakonnya pun harus pandai-pandai dalam memilih strategi yang tepat sasaran untuk menyingkirkan para pelaku kejatahan.

Drama bergenre misteri dan thriller ini layak untuk ditonton oleh kamu yang sedang jenuh dengan alur-alur cerita yang menye-menye. Ditambah lagi dengan alur-alur tak terduga dalam setiap misi dalam menghentikan perbuatan kriminal itu.

Aksi Joo Sung Chan—sang negisiator, Son Hee Sun si pembawa berita, dan Yeo Myung Ha dalam satu tim, siap bikin harimu lebih bermakna.

 

Demikianlah beberapa serial drama Korea terbaik 2016 pilihan jadwaltelevisi.com hingga bulan Juni 2016. Jika kamu masih belum menonton salah satunya, sebaiknya masukkan dalam list tontonan akhir pekan kamu, karena sayang sekali untuk dilewatkan.