Sinopsis "Advance" (November 2016)

Bagi sutradara Lee Myeong-woo, kisah tentang suka duka polisi masih sangat menarik untuk diangkat dalam sebuah drama seri. Ia yakin bahwa “Advance”, yang merupakan naskah brilian dari Park Kyeong-soo bisa sukses di SBS.

Terlebih, drama Korea terbaru 2016 ini akan ditayangkan di jam utama, 22:00 pada Senin dan Selasa. Sedangkan bagi kita, mungkin drama tentang kepolisian tidak terlalu istimewa, mengingat banyak sekali drama dengan tema serupa, yang seolah selalu muncul secara bergantian.

 

 

Sayangnya, masih belum ada kejelasan tentang nama-nama aktor dan aktris yang akan mendukung drama ini. Hanya ada kabar-kabar yang belum resmi, namun patut dipercaya (dan diharapkan tentunya) dimana nama-nama seperti Lee Byung-hun dan Lee Bo-yeong.

Selain kedua nama tersebut, belum ada lagi kabar tentang pemeran-pemeran lainnya, meskipun kabar tentang peluncuran drama ini justru sudah tersebar luas. Bahkan, yang lebih disoroti para penggemar K-drama adalah kembalinya Byung-hun.

Kembalinya Lee Byung-hun menjadi sangat berarti, mengingat drama terakhir yang ia bintangi sudah lama sekali, yakni tahun 2009, dimana ia ikut berperan dalam drama dengan rating tinggi, “IRIS”. Saat itu, drama ini mencapai TVR sebesar 40%. Setelah itu, ia hanya mau tampil dalam film-film layar lebar yang nge-hits seperti “G.I Joe: The Rise of Cobra”, “G.I. Joe: Retaliation”, “The Influence”, “I Saw The Devil”, bahkan “Terminator Genisys”, dan “RED 2”

 

 

Popularitasnya ini harus dibayar mahal karena ia terjerat kasus pelecehan seksual yang dilakukan beberapa wanita pada 2014. Toh, semuanya tidak terbukti sehingga ia pun tak ragu untuk melanjutkan karirnya di dunia layar lebar.

Kehadirannya dalam film “The Insiders” yang meraup sukses besar di Korea Selatan dan beberapa negara di Asia seolah membuktikan bahwa ia belum ‘habis’.Terbukti, setelah delapan tahun tak menjumpai para penggemar K-drama, kini ia kembali.

Terlebih, tidak jarang kita jumpai aktor dan aktris yang masih saja laris meskipun sedang terlibat skandal hebat. Apalagi, Byung-heon tak terbukti bersalah. Ia memang cenderung memilih tawaran bermain film ketimbang drama, karena penyuka drama biasanya lebih suka mengikuti drama Korea dengan aktor dan aktris yang tak punya sejarah buruk, dengan penampilan ‘mengkilap’.

Tentu, ia punya alasan mengapa ia mau bergabung dalam drama ini. Adalah sang penulis naskah, Park Kyeong-soo, yang membuatnya terkesan. Siapa tidak kenal Kyeong-soo yang selalu melahirkan karya-karya spektakuler. Tentu, Byung-hun berharap bahwa drama ini bisa mengembalikan reputasinya yang sempat tercemar.

 

 

Sang penulis sendiri sudah memiliki reputasi yang tak dapat diragukan. Terlebih, bagi mereka yang sempat jatuh cinta dengan tayangan drama “Punch” dan “The Chaser”. Lahir dari penulis yang sama, “Advance” siap menjadi tontonan menarik, dengan para bintang yang luar biasa pula. Sayangnya, drama ini tidak sesegera mungkin ditayangkan, padahal sebelumnya “Advance” disiapkan sebagai pengganti Scarlet Heart: Goryeo 

Mungkin bagi mereka yang tidak bersimpati kepada Byung-hun, mereka masih berniat mengikuti drama ini karena nama besar yang berada di belakang layar. Lagipula, nilai sebuah drama tidak ditentukan oleh kehidupan pribadi dari aktor dan aktris yang terlibat di dalamnya, bukan?

 

Kembalinya Pula Lee Bo-yeong

K-Drama “Advance” makin istimewa dengan kembalinya pula Lee Bo-yeong yang sudah sangat dirindukan para penggemarnya. Saat Byung-hun menyabet penghargaan sebagai Aktor Terbaik pada drama“IRIS”, Bo-yeong  juga meraih penghargaan sebagai Aktris Terbaik untuk drama “I Hear Your Voice”. Ia juga baru kembali dari cuti melahirkan. Siapapun berharap bahwa ia masih tampil dengan akting memikat, sepert sebelumnya.

Keduanya pantas mendapatkannya karena kerja keras yang sudah mereka tunjukkan selama bertahun-tahun. Kita harapkan saja, drama ‘sederhana’ yang menyuguhkan kisah tentang kehidupan polisi ini bisa meraih rating tinggi.

Biasanya, drama yang menghadirkan kehidupan polisi ini menyuguhkan partner polisi lain jenis, yang kompak namun sering berselisih paham, kendati keduanya menyimpan rasa cinta.

Apakah “Advance” bakal sama?

Jika melihat nama-nama seperti tersebut diatas, tentu tidak ‘patut’. Park sudah menciptakan rekam jejak bagus dalam menciptakan ‘thriller’ yang cukup menegangkan, membuat penasaran, sekaligus mengekspos hal-hal yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari seperti kehidupan konglomerat serta politisi, lengkap dengan intriknya, para penegak hukum yang korup, dan sebagainya. Tak jarang, drama-drama yang ditulisnya selalu mengundang komentar di berbagai media massa.

 

 

Banyak drama tentang cerita kepolisian yang bisa menghipnotis para pemirsanya, terlepas dari kisah klise tersebut diatas. Contohnya Gap Dong. Terkadang, ada beberapa episode yang monoton, namun ada pula yang sampai membuat pemirsanya tak beranjak dari depan televisi semenit pun. 

Yang masih ditayangkan, “Police Unit 38” juga lumayan. Berbeda dengan kisah-kisah kepolisian lainnya, drama ini menghadirkan perjuangan para polisi yang hanya berkutat pada penggelapan pajak. Tentu, tantangannya jauh lebih besar karena mereka berhadapan dengan warga negara yang punya kans untuk menjadi ‘kebal hukum’. 

“Advance” rencananya akan menggantikan “Doctors”. Bisa jadi, drama ini akan bersaing dengan drama andalan MBC, “Monster” serta “Moonlight Drawn By Clouds” yang menjadi senjata KBS untuk menjaring pemirsa.