Sinopsis "Red Teacher" (Agustus 2016)

KBS bakal menghadirkan drama Korea terbaru untuk remaja, dengan nuansa yang berbeda. Jika para remaja kita lebih sering disuguhi dengan drama-drama yang menghadirkan kehidupan sekolah, lengkap dengan kisah cinta monyet, persahabatan, ataupun perseteruan antar geng, kini mereka akan menyaksikan drama remaja dengan tema yang unik, yakni kehidupan di sekolah, di era 80-an.

 

Bisa jadi, remaja kita akan sedikit berpikir skeptis dengan mengira bahwa ‘kekunoan’ tak lebih menarik daripada ‘kekinian’. Tetapi, sang sutradara Yoo Jong-seon sudah sangat yakin bahwa ia sanggup mengolah naskah ciamik milik Kwon Hye-ji, menjadi drama yang unik dan mengesankan, “Red Teacher”.

Sebenarnya, judul drama ini tentu memancing keingintahuan kita. Kita pasti akan menarik macam-macam kesimpulan, seperti guru yang selalu berbaju merah, guru dari negeri China atau Rusia, dan banyak lagi.

Sedikit petunjuk saja, bahwa drama Korea ini menghadirkan kehidupan remaja di sekolah, di era 80-an dimana Korea Selatan berada pada masa Republik Kelima, saat militer mengambil alih kendali pemerintahan yang sedang berjalan.

Namun, “Red Teacher” tidak akan tampil seperti layaknya film dokumenter. Hanya saja, kisah para kaum remaja dan suka duka mereka di sekolah, bersama para guru di era tersebut, berlatar belakang momen bersejarah, sekaligus menegangkan. Saat itu, ada unsur komunisme yang termasuk dalam kurikulum di sekolah dan karena itulah drama ini berjudul “Red Teacher”.

 

 

Belum dapat dipastikan, kapan KBS akan menayangkannya. Sepertinya, K drama ini bakal hadir dengan satu episode saja. Jangan khawatir bosan dengan plot ceritanya, karena naskah dari drama ini merupakan naskah pemenang kedua dari lomba penulisan naskah drama tingkat nasional 2015 di Seoul.

Tidak banyak situs hiburan Korea Selatan yang membahas tentang drama ini. Padahal, ada sederet nama beken sebagai pemerannya. Salah satunya adalah Lee Dong-hwi, yang sangat kita kenal perannya dalam ”Answer Me 1988”. Dong-hwi memang ‘orang baru’ di dunia hiburan Korea Selatan. Tetapi kemampuan aktingnya tak terlihat seperti ‘anak kemarin sore’. Meski ia baru memulai debutnya pada 2013, ia tak pernah kehabisan tawaran bermain film dan drama hingga tahun ini. Termasuk drama “Red Teacher” tentunya. Pada 2016, ia membintangi “Red Teacher” dan juga “Entourage Korea”.

Dong-hwi dikenal sebagai aktor ‘seribu wajah’ karena ia selalu punya peran berbeda di setiap drama dan film yang ia bintangi. Aktor yang tengah serius menjalin hubungan dengan salah satu model ternama ini mengatakan bahwa ia tak memiliki daya ingat bagus, sehingga ia lebih sering berimprovisasi saat menjalani semua perannya. ‘Ajaib’nya, semua sutradara yang bekerja sama dengannya selalu menganggap bahwa Dong-hwi sudah menyiapkan setiap dialog yang ‘berbeda’ dari naskah.

 

 

Dalam drama spesial, “Red Teacher”, pria kelahiran 22 Juli 1985 ini juga akan beradu peran dengan Jung So-min. Siapa yang tak akrab dengan wajahnya, terutama setelah ia sukses memikat kita semua melalui drama “D-Day”.   

Sama halnya dengan Dong-hwi, ia juga aktris yang baru saja menjajal dunia seni peran, meski ia sudah tak asing dengan dunia hiburan setelah sempat menjadi model iklan dan juga penyanyi. Beberapa drama dan film yang ia bintangi mungkin tak dapat meraih rating tinggi. Tetapi, totalitas peran yang ia tunjukkan patut diacungi jempol. Terbukti, ia sempat meraih penghargaan sebagai Aktris Pendatang Baru Terbaik melalui drama “Playful Kiss” dan “Standby”

Terlepas dari banyaknya cibiran yang mendarat kepadanya, ia tak hirau. Kecantikannya yang luar biasa membuatnya dianggap hanya pantas menjadi model iklan, dan bukan sebagai aktris multitalenta. Namun, ia juga terus membuktikan bahwa ia bisa menjalankan peran apa saja, termasuk dalam drama “Red Teacher”.

 

 

Beberapa nama lain yang akan diusung oleh sutradara Yoo Jong-seon adalah Lee Chae-eun, Jo Yeong-jin, Jeon Soo-jin, dan Lee Jae-kyoon. Tak perlu diragukan bagaimana kualitas sang sutradara, yang sempat menjadi salah satu produser dari drama terpopuler tahun ini, “Descendants of the Sun”.

Jong-seon punya kharisma luar biasa, terutama di kalangan para aktor dan aktris yang pernah bekerja sama dengannya. Kita pun tahu bahwa drama apapun yang diproduksinya selalu menghadirkan aktor dan aktris yang memiliki chemistry bagus.

Terbukti, salah satu aktris kenamaan Song Hye-kyo bahkan sampai mengirimkan truk mini yang berisi seperangkat mesin pembuat kopi untuk Yoo Jong-seon dan semua kru serta para aktor dan aktris pendukung drama “Red Teacher”, pada akhir bulan Juli 2016 lalu.

 

 

Hye-kyo mengunggahnya di akun Instagram miliknya dengan komentar berisi dukungan bagi sang sutradara dan rekan-rekannya yang sedang menjalani proses syuting. Hye-kyo memang tidak turut serta dalam drama ini, namun ia dikenal selalu memberi dukungan kepada siapapun yang dekat dengannya, termasuk dengan sang sutradara yang bekerja sama dengannya dalam drama “Descendants of The Sun”.

Drama Korea “Red Teacher” sempat akan ditayangkan di bulan Juli 2016, meskipun akhirnya drama ini masih saja belum ditayangkan hingga di pekan kedua bulan Agustus 2016. Kita nantikan saja kapan KBS akan menayangkan drama ini.