Sinopsis "Police Unit 38" a.k.a "38 Revenue Collection Unit"

Jika liburan musim panas Anda tak lagi membuat Anda terkesan, mungkin drama Korea terbaru yang akan menghibur Anda di OCN bulan Juni nanti akan membuat aktifitas Anda di rumah tak lagi membosankan. Stasiun televisi ini akan menghadirkan drama 16 episode berjudul “38 Revenue Collection Unit”. Drama ini bisa menjadi alternatif pengantar tidur saat Anda sudah menghabiskan waktu seharian di luar rumah untuk berlibur bersama keluarga karena bakal ditayangkan pada hari Sabtu dan Minggu pukul 23:00.

“38 Revenue Collection Unit” adalah sebuah drama komedi yang menghadirkan kerumitan yang dihadapi oleh direktur pajak nasional kota Seoul yang kesulitan menagih pajak dari para pengemplang pajak yang jumlahnya sangat besar. Terpaksa, sang direktur harus bekerja sama dengan penagih hutang kelas kakap untuk dapat ‘memaksa’ para pengemplang pajak tersebut untuk membayar kewajiban mereka. Toh, hal ini juga akan sangat bermanfaat untuk pembangunan dan kesejahteraan rakyat juga.

 

 

Rupanya, drama ini dihadirkan untuk mengingatkan banyaknya pemilik perusahaan yang belum sadar akan pentingnya membayar pajak perusahaan, bagi keberlangsungan usaha mereka juga. Sejak drama ini sudah diperkenalkan pada publik melalui media sosial, tak kurang ribuan komentar masuk ke akun medsos dari tim produksi, dimana mereka menunggu drama yang pastinya menghadirkan cerita yang jauh berbeda dengan K-drama kebanyakan.

Tidak salah menantikan drama ini, karena produser drama ini adalah produser yang juga memproduksi drama bertema kriminal yakni "Bad Guys" (2014). Saat itu, “Bad Guys” menerima hujan pujian karena struktur cerita yang solid, inti permasalahan yang rumit namun bermutu, serta sinematografi yang apik. Dan, penulis naskah yang sama pun, yakni Han Heong-hoon, bakal membuat pemirsa kali ini yakin bahwa “38 Revenue Collection Unit” bakal sama bekennya dengan “Bad Guys”. Judul ini diambil dari pasal 38 dari UU Pajak yang berlaku di Korea Selatan.  

Siap-siap saja terkesan dengan penampilan kepala ‘penagih pajak’, yakni Yang Jeong-do, yang berkolaborasi dengan Baek Seong-il, direktur pajak yang memiliki integritas tinggi untuk memberantas kecurangan yang dilakukan oleh para wajib pajak dengan tanggungan sangat besar.