Drama Korea Terbaru 2017: "Criminal Minds"

Penggemar drakor dengan genre action atau thriller sempat sangat girang saat tersiar kabar tentang pembuatan drama terkenal Hollywood berjudul “Criminal Minds” dalam versi Korea. Tetapi, kabar tersebut sempat hilang dan tak ada lagi yang mempertanyakan. Memang, hal seperti ini kerap terjadi, dimana beberapa produser ingin meluncurkan drama adaptasi dari Hollywood, namun tak berkelanjutan.

 

 

Kali ini, kabar tersebut mencuat lagi, dimana drama ini dikabarkan telah memulai proses syuting setelah tawaran sebagai peran utama diberikan kepada Lee Jun-ki dan Kim Ah-joong. Penampilan Lee Jun-ki masih sering kita nikmati dalam drama “Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo”.

 

Tetapi, banyak penggemarnya yang mungkin ‘bosan’melihatnya tampil dengan busana kolosal. Jika kali ini dia berperan sebagai detektif, tentu karismanya akan semakin terpancar. Masih ingat kan, saat ia tampil dalam drama action “Two Weeks” di tahun 2013?  Sedangkan Kim Ah-joong juga belum lama absen di layar kaca kita setelah penampilan terakhirnya di “Wanted”. Rencananya, drama ini akan ditayangkan di KBS.

Bagaimana keduanya akan tampil sebagai agen rahasia FBI ‘versi Korea’? Bisa jadi, Jun-ki akan melakoni peran ‘Aaron Hotchner’, dan Ah-joong bakal menjadi tokoh ‘Elle Greenaway’ ala Korea. Banyak pemerhati drama bertanya-tanya, apakah drama Korea yang mengangkat tema ‘berat’ ala versi asli “Criminal Minds” akan disuka oleh publik lokal?

Pasalnya, para pemirsa K-drama pada umumnya lebih menyukai drama satu season, dengan plot yang tak terlalu rumit untuk dicerna. Apalagi, belum ada aktor dan aktris Korea dengan reputasi hebat, yang berminat untuk tampil dalam satu rumah produksi untuk drama yang sama, yang diproduksi untuk penayangan beberapa tahun.

 

 

Tetapi, bisa jadi, “Criminal Minds” versi Korea hanya akan ditayangkan dalam satu season. Ini pun kalau drama ini tak menuai rating tinggi. Inti cerita dari “Criminal Minds” versi asli sebenarnya ‘sederhana’. Kisah tentang rutinitas para agen rahasia di FBI yang memecahkan berbagai macam kejahatan kelas berat, tidak hanya melalui investigasi, tetapi juga penelurusan psikologi tersangka dan saksi.

Antusiasme pecinta drama versi asli di Amerika Serikat, mencapai lebih dari 13 juta orang, tidak pernah surut. Sebaliknya, rating puncak konsisten dipertahankan, sehingga CBS bangga mempersembahkannya sejak tahun 2005 hingga sekarang, di season ke 12.

Mungkin juga, “Criminal Minds” versi Korea akan menyesuaikan plot cerita dengan apa yang biasanya diminati oleh publiknya sendiri. Hanya saja, karakter serta latar belakang cerita akan mengadaptasi versi aslinya. Produser drama ini, Taewon Entertainment , resmi mendapatkan hak dari ABC Studios dan Disney Media Distribution.

Proses syuting akan dimulai bulan Mei, dan akan ditayangkan kurang lebih di bulan November atau Desember 2017. Tentu, ekspektasi tinggi dari pemirsa—untuk produser drama-drama fenomenal seperti salah satunya “Descendants Of The Sun”—tidaklah berlebihan.

 

Ada pelajaran yang harus dipetik oleh sang produser, dimana adaptasi drama Hollywood tak semudah mengedipkan mata. Tahun lalu, “The Good Wife” tak terlalu sukses. Respon positif memang didapat oleh drama ini, tetapi tak dapat dikatakan fenomenal. Lebih parah lagi, drama “Entourage Korea” malah terpuruk dalam hal rating. Produk iklan yang berpartisipasi pun rugi besar.

Tetapi, semoga saja, “Criminal Minds” tak mengalami ‘penderitaan’ yang sama. Produser sebesar Taewon Entertainment seharusnya sudah belajar dari produser lain yang tak meraup sukses yang diharapkan.

Kita tinggal menunggu, siapa lagi yang akan mengisi drama “Criminal Minds”. Sejauh ini belum ada nama lain selain kedua nama tersebut diatas. Padahal, versi asli “Criminal Minds” melibatkan beberapa karakter pria yang tergabung di agen rahasia paling top di Amerika Serikat tersebut. Bisa jadi, aktor-aktor yang akan bergabung adalah aktor senior.  Pun, banyak pecinta K-drama yang penasaran, apakah drama adaptasi bisa sesukses drama dengan konten orisinil seperti “Goblin” dan “The Legend of the Blue Sea