Drama Korea Terbaru 2016 "Jang Yeong-sil"

Sutradara: Kim Yeong-jo

Pemeran utama: San Il-Gok, Park Seon-yeong, Kim Sang-kyeong, Kim Young-cheol, Jeong Han yong

Tayang Perdana: Januari 2016

 

Sinopsis Jang Yeong Sil

 

Dalam setahun, drama seri Korea yang menghadirkan tokoh sejarah yang memiliki prestasi memang bisa dihitung dengan jari. Meski banyak yang menggemari, tetapi beberapa produser menganggap bahwa drama dengan tema keluarga, romansa dan komedi masih paling diminati. Tentu, hal ini dianggap sebagai hal yang penting karena drama yang memiliki rating tinggi pasti akan mendatangkan banyak pundi-pundi. Lain halnya dengan KBS TV.

Televisi yang satu ini tergolong berani dalam menayangkan drama-drama yang memiliki genre unik dan berbeda. Temasuk drama Korea terbaru 2016 berjudul “Jang Yeong-Sil”. Memang, rencana penayangan drama ini dimulai pada bulan Januari 2016. Foto syuting saat Song Il-gook yang mengenakan jubah budak sudah tersebar luas di berbagai akun jejaring sosial serta situs-situs drama Korea.

 

Jang Yeong-sil—sebelum menjadi seorang ilmuwan ternama di masa Joseon di abad 15—adalah seorang budak. Ia terlahir sebagai anak budak di masa pemerintahan tersebut dan ia juga mengalami penderitaan yang dialami para budak di masa itu. Meskipun para generasi seusia Yeong-sil berupaya keras untuk menempatkan diri pada kasta yang lebih tinggi, dengan berbagai cara, Yeong-sil tidak tertarik. Ia lebih menaruh minat kepada pengembangan ilmu pengetahuan.

Hal ini bukanlah hal yang lazim di masa Joseon. Semua orang berusaha menyelamatkan diri dengan menaruh diri mereka sedemikian rupa, sehingga mereka bisa dihormati karena harta dan tahta. Meskipun, harta dan tahta tersebut tidak diperoleh dengan cara yang halal.

 

Song Il-gook adalah nama yang dipercaya oleh sang sutradara untuk memerankan tokoh cendekiawan ternama di abad ke 15 ini. Dalam beberapa foto yang diunggah di beberapa akun sosial media, terlihat sang aktor saat syuting drama ini dengan mengenakan jubah budak. Namun, tidak ditampakkan foto-foto saat ia sudah menjadi seorang ilmuwan pada akhirnya.

Mungkin, hal ini supaya dapat menambah rasa penasaran para pemirsa , khususnya penggemar Il-gook. Tetapi, ada hal lain yang membuat drama ini makin dinanti. Ketenaran Yeong-sil karena penemuannya, serta penghargaan yang ia dapat di ajang internasional, menobatkannya sebagai salah satu tokoh sejarah yang diakui di dunia. Bahkan, ia menjadi sosok yang memberi kontribusi yang sangat besar akan  sejarah ilmu pengetahuan Renaissance di masa Joseon. Namanya menjadi tenar setelah penemuannya pluviometer dan jam air yang sangat revolusioner di sepanjang dinasti Joseon.

 

 

Drama Korea ini banyak dikomentari di berbagai sosial media, sebagai tayangan bermutu dari KBS TV yang juga sempat mendapat pujian karena sempat menayangkan 'Jung Do-jeon' dan "Jing Bi-rok". Kedua drama yang sempat meraih rating sangat tingg ini memiliki perbedaan yang sangat nyata dengan kebanyakan K-drama lainnya.

Drama bermutu tentu menghadirkan aktor dan aktris berkualitas pula. Il-gook tentu sudah tidak diragukan lagi. Bahkan, ia pun kini tengah sibuk dengan kegiatan politiknya, sebagai salah satu calon anggota legislatif, pada pemilu yang akan digelar bulan April 2015

 

Aktor senior lain yang juga dipercaya dalam drama ini adalah Kim Sang-kyeong. Ia akan memerankan tokoh King Sejong. Raja ini adalah raja keempat di dinasti Joseon, dimana ia menerapkan kebijaksanaan yang berbeda dari para raja lainnya. Ia adalah raja yang sangat mendukung rakyatnya untuk dapat berkompetisi dalam ilmu pengetahuan, serta penemuan-penemuan yang dapat memajukan dinasti Joseon.

Patut dinanti bagaimana kiprah Song Il-gook dan Kim Sang-kyeong dalam drama ini. Keduanya adalah ‘spesialis’ drama bersejarah. Il-gook sukses dalam drama 'Emperor of The Sea' "Jumong" dan 'Land of wind'. Sedangkan Kim Sang-kyeong juga berperan sebagai King Sejong dalam 'The Great King Sejong' di tahun 2008.