Drama Korea Terbaru 2017: "Mystery Queen"

Mungkin, Anda sempat membaca bahwa ada sebuah drama korea baru, di tahun 2017, tentang seorang ibu rumah tangga yang belajar menjadi detektif karena tuntutan hidup Mungkin Anda sempat membaca sinopsis drama “Housewife Detective”. Tetapi, kali ini, “Mystery Queen” hadir dengan tema yang hampir serupa.

Memang, sinopsis dan inti ceritanya tidaklah sama. Dalam drama yang akan ditayangkan di KBS pada hari Rabu dan Kamis di bulan Maret 2017 ini punya sedikit perbedaan. Drama pengganti “Mister Kim” ini akan menghadirkan Choi Kang-hee sebagai pemeran utamanya.

 

Lalu, apa bedanya “Mystery Queen” dan “Housewife Detective”? Memang, kita sering sekali melihat drama Korea dengan tokoh utama wanita jagoan yang selalu unggul dari lawan-lawannya, entah dia itu polisi atau detektif. Tak jarang pula, para detektif atau polisi wanita itu memiliki ‘profesi sampingan’, yakni ibu rumah tangga. Diceritakan bahwa mereka menjalani profesi tersebut secara bersamaan, dengan konflik yang beragam.

 

Kita simak bagaimana peran Choi Kang-hee dalam drakor “Mystery Queen” ini. Ia sejatinya adalah seorang ibu rumah tangga biasa yang tidak pernah bekerja sebagai seorang polisi atau detektif. Ia hanya sosok ibu yang suka membaca novel dengan genre kriminal sejak ia remaja.

 

Yang sempat ia sesalkan adalah menikah muda karena ia tak dapat mengejar mimpinya sebagai seorang detektif. Bukan apa-apa, ia tidak dikategorikan dalam siswa cerdas, sehingga ia sebenarnya tak punya prestasi apa-apa di sekolah. Tetapi, ia adalah sosok perempuan yang menyenangkan dan ramah, sehingga ia masih punya banyak teman meski sering ‘gak nyambung’ jika diajak bicara.

Mimpinya hanya satu, yakni menjadi seorang novelis seperti Agatha Christie. Tetapi, mimpinya itu berdasar pada kemampuannya dalam menebak siapa sang penjahat sejak awal novel tersebut ia baca. Dan, tebakannya sering sekali benar.

Lalu, ia mencoba cara-cara yang ada dalam novel atau buku yang dibacanya secara iseng. Tentu saja, pada awalnya, ia hanya membaca surat kabar dan menonton televisi untuk mencari beberapa kejahatan yang ia pelajari. Ia berusaha untuk memahami permasalahan yang ada, tersangka yang sudah ditetapkan, dan mencari tahu bagaimana polisi dapat menetapkan tersangka yang ada.

 

Rasa ingin tahunya yang besar membuatnya nekad untuk ‘menempel’ seorang detektif, supaya mengajaknya dalam mengusut beberapa kasus kriminal. Tentu saja, tidak mudah mengajak seorang detektif untuk bekerja sama dengan seorang ibu rumah tangga yang tak punya pengalaman apa-apa.  Hanya saja, sang detektif menyetujui ‘kerjasama’ tersebut, demi si ibu rumah tangga yang punya rasa ‘kepo’ yang tinggi.

 

Si detektif sendiri merasa kasihan kepadanya. Ia memiliki seorang mertua yang nyinyir dan tak kalah ‘kepo’ dengan apa yang menantunya lakukan. Lebih parah lagi, ia juga punya seorang ipar yang selalu memperlakukannya bak ‘ATM berjalan’.

Inti cerita ini nantinya adalah suka duka dari kerjasama kedua orang yang punya latar belakang profesi ini, lengkap dengan perselisihan sekaligus kerjasama hebat yang dihasilkan keduanya, kendati mereka berdua sering sekali berbeda pendapat.

 

 

Naskah dari “Mystery Queen” sendiri menjadi pemenang dari kontes naskah drama terbaik yang digelar di KBS, tahun lalu. Drama ini rencananya akan disutradarai oleh Kim Jin-woo, asisten sutradara dari “Healer”.

Belum ada kabar lagi tentang siapa yang akan mendampingi Choi Kang-hee sebagai sang detektif. Tetapi, kehadiran aktris ini sempat membuat kita terhibur saat berperan sebagai kekasih lugu sang detektif Lee Jae-yoon di “Heart to Heart”.

Sebenarnya, kualitas “Mystery Queen” tak perlu diragukan, karena KBS sangat selektif dalam memilih drama yang akan ditayangkannya. Hanya saja, apakah drama dengan tema ‘detektif dadakan’ sanggup meraih rating tinggi? Semoga saja, aktor dan aktris pendukung lainnya bisa mengimbangi kualitas akting dari Choi Kang-hee.