Drama Korea Terbaru "Neighborhood Lawyer Jo Deul-ho" (2016)

KBS memperkenalkan drama terbarunya yang ditayangkan pada 28 Maret 2016 ini sebagai upaya untuk menjaga popularitasnya. Selama ini, mayoritas K-drama yang ditayangkan oleh KBS memperoleh rating yang sangat bagus, terutama di jam tayang utama.

“Neighborhood Lawyer Jo Deul-ho” ditayangkan pada Senin dan Selasa pukul 22:00 sebanyak 20 episode.  Pemirsa akan menjadi saksi kepiawaian akting dari Park Shin-yang, yang berperan sebagai Jo Deul-ho.dulunya adalah jaksa yang tegas dan anti suap.

Namun, kejujuran dan keberaniannya menjadi bumerang karena ia kehilangan segalanya setelah ia mengungkapkan kasus korupsi besar di negara itu. Ia pun jatuh miskin, meski hal ini tak mengubah idealismenya. Ia makin tak bertoleransi dan ia pun memilih untuk menjadi pengacara, demi membela hak-hak orang benar, namun tak punya daya untuk melawan penguasa.

Banyak pihak meragukan keberhasilan drama ini meraup rating tinggi. Alasan pertama adalah unsur cerita yang standard dan tidak terlalu digemari mayoritas K-drama. Umumnya, mereka menyukai romansa, komedi, atau sejarah. Yang mungkin dapat diandalkan dari drama ini adalah para pemerannya. Adu peran antara aktor kawakan dan aktris idola masa kini mungkin bisa sedikit mengangkat popularitas drama yang disutradari oleh Lee Jung-seob ini.

Sebut saja Park Shin-yang dan Kim So-ra, yang sedang naik daun itu, akan beradu peran dengan aktor yang sudah berkecimpung selama puluhan tahun di dunia seni peran Korea sejak awal 90an seperti Kim Kap-soo dan Kang Shin-Il.

Fokus dari drama ini bukanlah pada sosok sang pengacara, tetapi lebih pada karakter tersembunyi Jo Deul-ho yang menyimpan dendam, sekaligus menumpuk kekuatan untuk melawan arogansi penguasa hukum. Sang pengacara mengorbankan kehidupannya yang nyaman demi mengangkat martabat orang lain, dan hal ini adalah fenomena yang makin jarang terjadi di tengah masyarakat akhir-akhir ini.

Tapi, tak mudah untuk dapat mengalahkan beberapa drama yang juga ditayangkan di jam yang sama, oleh televisi lain, seperti “Babysitter” di KBS dan "Glamorous Temptation" di MBC. Patut ditunggu.