Polyclinic Doctor (2016) 

Sutradara: Jung Ha-na

Drama tentang kehidupan medis ternyata masih menarik untuk diangkat ke layar kaca. Kali ini, sutradara Jung Ha-na ‘memberanikan diri’ untuk bekerja sama dengan JS Pictures dalam proyek drama korea 2016 tentang kehidupan para anak muda yang baru memulai profesi mereka sebagai ahli medis.

Seperti yang dirangkum dari berbagai macam situs hiburan di Korea Selatan, drama berjudul “Polyclinic Doctor” ini memang belum siap ditayangkan, meski proses pemilihan peran sudah dilakukan. JS Pictures masih belum mendapatkan ‘tempat’ di stasiun televisi mana drama yang memiliki 16 episode ini akan ditayangkan. Tapi, tak apalah. Biasanya, tak akan lama bagi sebuah drama, yang dibesut oleh sutradara kenamaan, untuk mendapat jam tayang.

Reputasi JS Pictures juga tak perlu diragukan karena rumah produksi ini tak mengecewakan para penggemar drama Korea melalui drama seperti “I Need Romance” dan “Twenty Again” serta serangkaian film horor serta komedi seperti “Moorim School” dan “Ex-Girlfriend Club”. Memang, semua drama tersebut tidak terlalu unggul dalam hal rating. Tetapi, mereka disuka karena tema cerita, serta karakter-karakter yang ada di dalamnya.

 

 

Sang sutradara sendiri sebenarnya adalah sosok yang belum terlalu lama berkecimpung dalam drama Korea. Jung Ha-na ikut menyumbang naskah untuk drama keluarga yang sempat sukses “Five Kids”. Tetapi, karyanya yang dikenal publik hanya “Five Kids dan “Ballerino”. Paling tidak, keduanya memiliki genre yang berbeda sehingga kredibilitas Ha-na tak perlu diragukan lagi. ‘Sayangnya’, Ha-na belum pernah sekalipun menulis naskah ataupun menyutradarai drama yang memiliki tema tentang dunia medis ataupun kehidupan kawula muda. Berarti, “Polyclinic Doctor” adalah drama Korea pertama, dengan gabungan dua tema diatas yang ia garap.

Sinopsis “Polyclinic Doctor” menceritakan tentang kehidupan anak-anak muda yang akan menyelesaikan kuliah mereka di fakultas kedokteran.Mereka adalah murid ‘spesial’ dimana semuanya terancam tak lulus di mata kuliah yang paling penting. Karena itulah, mereka harus magang di suatu klinik yang mengharuskan mereka untuk berkecimpung langsung dengan kegiatan medis di klinik tersebut, demi kelulusan mata pelajaran yang mereka inginkan.

Suka duka mereka diceritakan dengan sangat gamblang, dimana mereka tidak hanya berjuang keras secara fisik tetapi juga mental. Mereka harus bekerja sama dengan para dokter senior, sekaligus membagi waktu untuk bergantian dalam tugas jaga. Tidak hanya itu, mereka juga terjun langsung dalam berbagai kegiatan medis seperti bedah, praktek di UGD serta menangani psikologi pasien.

 

Soo Young

 

Aktris pertama yang sudah mengkonfirmasi partisipasinya dalam drama ini adalah Soo young. Karakter yang akan diperankannya adalah siswa yang paling cerdas. Tentu saja, selain cantik dan brilian, ia paling cakap melakukan semua hal yang ditugaskan kepada para siswa tersebut. Tak ayal, banyak siswa yang iri dengan keberhasilannya.

Pengalaman Soo young dalam drama bertema medis memang tak banyak. Tetapi bukan berarti ia tak sanggup menjawab tuntutan penggemarnya untuk bisa tampil dalam drama Korea dengan genre yang berbeda-beda. Ia memang sempat muncul dalam drama bertema serupa saat ia berperan sebagai pasien pengidap kanker otak dalam drama “Third Ward”. Bahkan, ia juga meraih penghargaan Excellence Award untuk akting ciamiknya dalam drama ”My Spring Days” sebagai pasien yang mendapatkan transplantasi hati, sekaligus tunangan dari seorang ahli bedah.

Jangan khawatir, drama ini tidak seserius yang Anda bayangkan. Ada pula sedikit kisah cinta dalam “Polyclinic Doctor”. Tentu tak seru apabila drama dengan tema medis tidak disertai dengan sedikit unsur romansa, bukan?

Sayangnya, baru Soo young yang dipastikan mengisi peran dalam drama ini. Tetapi, jika aktris sekaliber Soo young mau bergabung, tentu nama-nama populer lainnya akan segera menyusul.