Romantic Doctor Kim Sa-bu (2016)

Sutradara: Yoo In-sik

Naskah:  Kang Eun-kyeong

 

Kisah drama Korea yang menghadirkan para dokter dan tantangan mereka dalam menghadapi pasien di rumah sakit mungkin sudah biasa. Tetapi, kalau sebuah drama menghadirkan seorang dokter romantis, drama ini pasti menimbulkan kesan yang luar biasa.

Awal November mendatang, SBS siap menayangkan “Romantic Doctor Kim Sa-Bu” pada hari Senin dan Selasa pukul 22:00. Berakhirnya drama “Scarlet Heart: Ryeo” mungkin cukup membuat kita kehilangan salah satu tontonan apik. Tetapi, “Romantic Doctor Kim Sa-bu” bisa menjadi pengganti yang pas, terlepas dari genre dua drama yang berbeda ini.

Yang lebih mengasyikkan, drama ini akan diperankan oleh aktor-aktor macam Han Suk Kyu, Seo Hyun Jin, dan Yoo Yeon Seok. Mereka bertiga muncul sebagai tiga tokoh utama dari drama besutan sutradara Yoo In-sik.

 

Dalam K drama ini, dua tokoh utama, yakni Kang Dong-joo dan Yoon Seo-jeong saling sikut menyikut untuk menjadi seorang dokter di suatu rumah sakit ternama. Tujuan mereka, sejatinya, berbeda. Kang Dong-joo selalu ingin unggul dari siapa saja. Sedangkan Yoon Seo-jong adalah sosok yang ‘gila hormat’, dan ingin dirinya menjadi seseorang yang memiliki kekuasaan dan pengaruh besar bagi sekitarnya.

Keduanya berubah karakter saat harus bertemu dengan satu tokoh utama lagi—tentu saja seorang dokter—dengan karakter lembut hati, humoris dan humanis. Ia adalah Kim Sa-bu. Bersama dengan Kim Sa-bu, mereka berdua memahami arti kehidupan, serta lebih menghargai bagaimana kasih dapat menjadikan segala sesuatu bermakna.

 

Kita simak siapa dan apa peran dari ketiga tokoh utama kita ini. Han Suk Kyu diplot sebagai Kim Sa Bu, dokter eksentrik yang punya hati mulia. Ia selalu mengedepankan kepentingan orang lain.

Sedangkan Seo Hyun Jin akan berperan sebagai Seo Jung, seorang ahli bedah ternama yang angkuh. Sebenarnya, ia punya hati yang mudah berbelas kasihan. Hanya saja, ia tak ingin terlihat lemah. Ia menyembunyikan rasa dendam dan sakit hati yang ia alami di masa lalu.

Nah, aktor berikutnya adalah Yoo Yeon Seok. Ia mendapatkan peran sebagai Kang Dong Joo. Ia juga seorang ahli bedah yang memiliki reputasi serupa dengan Seo-jung. Namun, ia punya ambisi untuk meraih sukses karena ia ingin memperbaiki kondisi finansialnya yang sangat memprihatinkan, saat ia belum menjadi ahli bedah. Meski ambisius, ia masih punya belas kasihan kepada para pasien yang benar-benar membutuhkan pertolongan, terutama dalam hal finansial.

 

Akankah Sukses Seperti “Doctors”?

Bisa jadi, SBS ingin mengajak para pemirsanya untuk ‘bernostalgia’ dengan drama bertema tentang suka duka dokter dan kehidupan keras mereka di rumah sakit. Hal ini juga sempat kita saksikan dalam drama Korea terbaru “Doctors” yang juga ditayangkan di SBS.

Sekilas, plot cerita dari “Romantic Doctor Kim Sa bu” terdengar seperti kisah-kisah drama yang menghadirkan hal yang tak istimewa dalam kehidupan para dokter. Namun, penulis naskah sekondang Kang Eun Kyung tak mungkin ingin mempertaruhkan reputasinya. Apalagi, karya-karya ciamik sebelumnya, termasuk “Gu Family Book” menuai banyak pujian.

 

 

Naskah dari drama yang diproduseri oleh Yoo In-sik ini sudah dibacakan oleh para pendukungnya pada 13 September 2016 lalu. Yang hadir dalam pembacaan naskah tersebut tentu adalah para aktor utama, kecuali Seo Hyeon-jin yang tidak dapat hadir karena sedang sakit.

Beberapa nama yang juga dipastikan tampil dalam drama ini adalah Jin Kyeong yang akan berperan sebagai Oh Myeong-sim, Im Won-hee yang bakal menjadi karakter bernama Jang Ki-tae, serta Kim Min-jae-I.