Drama Korea Terbaru 2017 "The Biography of Yi Sun-shin"

Butuh waktu yang cukup lama bagi drama “The Biography of Yi Sun-Shin“ dalam proses syuting hingga penayangan. Bahkan, beberapa aktor yang sempat didapuk menjadi pemeran utama drama ini juga ada yang mundur, sehingga harus melemparkan tawaran kepada aktor lain yang akhirnya mengorbankan drama lain, demi membintangi drama ini.

 

Drama yang disutradarai oleh Jin Hyeok ini mengisahkan tentang kisah Jenderal Yi Sun-Shin, seorang jenderal angkatan laut yang terkenal dengan strategi emasnya dalam mengalahkan Jepang di Perang Imjin di abad ke 15. Bayangkan, pasukannya yang hanya memiliki 13 kapal dapat mengalahkan Jepang yang menyerang dengan 300 kapal.

 Memang, ada sedikit unsur fiksi dalam naskah yang digarap oleh Park Jin-wu—penulis naskah "Land of wind" and "Mountain Tunes"—ini. Hal inilah yang bakal menarik, karena ada sisi-sisi unik dari Yi Sun-Shin yang jarang diulas dalam sejarah Korea.

Sinopsis “The Biography of Yi Sun-Shin” mengisahkan sang jenderal yang tidak turut tewas dalam Perang Norayngjin. Ia berniat untuk menciptakan pasukan di laut yang dapat menguasai banyak samudera. Ia bertemu dengan Heo Cho-hee, seorang wanita yang dapat membalikkan pendapat banyak orang yang berpikir bahwa wanita tidak dapat bertahan hidup di lautan. Padahal, Cho-hee ingin mewujudkan cita-citanya untuk mengalahkan Lee Gyun, penguasa lautan.

 

 

Banyak para pengamat mempertanyakan hal ini, karena kenyataannya, Yi Sun-Shin juga turut tewas dalam perang Norayngjin. Tetapi, dalam drama ini, sang jenderal menjadi salah satu dari segelintir orang dari pasukannya yang bisa selamat.

 

"The Biography of Yi Sun-Shin" akan ditayangkan di SBS di bulan Juni 2017, dan diproduseri oleh Jin Hyeok, yang juga menjadi tokoh di balik layar dari drama “Shining Inheritance”. Tampil sebagai Yi Sun-Shin adalah Eom Tae-woong. Saat mendapat tawaran ini, ia langsung mengundurkan diri dari film “The Dog” yang hendak dibintanginya.

Bukan berarti ia pilih-pilih tawaran. Belum tentu pula pengunduran dirinya terkait dengan honor. Menurut manajer Eom Tae-woong, pengunduran diri sang aktor disebabkan adanya penundaan proses syuting film “The Dog”, dimana sang sutradara, Sin Jeong-won sangat sibuk dengan rilis film besutannya yang lain, “Ghost Sweepers”. Bukan hanya Eom Tae-woong yang mundur, tetapi juga Han Ye-seul, yang juga membintangi “The Dog”, serta beberapa aktor dan aktris lain.

Apalagi, Tae-woong juga sibuk mempersiapkan pernikahannya saat itu, dimana ia menikah dengan ballerina Yoon Hye-jin pada 9 Januari 2017 lalu.

 

Kiprah Eom Tae-Woong sangat menarik untuk dinanti, karena ia sudah berpengalaman dalam drama kolosal. Tetapi, ada satu hal menarik yang membuat orang penasaran dengan drama ini. Saat drama ini sedang dalam proses syuting, Eom Tae-Woong tersandung kasus pelecehan seksual, dimana seorang wanita berusia 30 tahunan menggugatnya. Tetapi, kasus ini tak banyak dipublikasikan karena semua pihak tutup mulut.

Kabarnya pun tak terdengar lagi meski investigasi kepada sang aktor sudah dilakukan. Terlepas dari semuanya itu, tak banyak yang peduli dengan reputasi Eom Tae-woong. Selama ini, prestasinya di dunia akting—terutama di layar lebar—sangat apik. Sejak memulai karirnya di tahun 1998, semua film yang dibintanginya meraih sukses. Beragam penghargaan sebagai aktor terbaik juga ia raih. 

Kisah tentang Yi Sun-Shin sudah sering diangkat ke dalam cerita layar lebar dan layar kaca. Bahkan, seringkali sang tokoh digambarkan dengan berbagai versi. Tak jarang, Yi Sun-Shin digambarkan sebagai sosok yang abadi dan tak bisa mati. Di tahun 2004, drama berjudul ”Immortal Admiral Yi Sun-Shin” ditayangkan di KBS sebanyak 104 episode. Kim Myung-Min saat itu dipercaya memerankan Yi Sun-Shin.