Drama Korea 2017: "Wind and Cloud and Rain"

 

Telah cukup lama Song Seung-Heon tak terlihat di layar kaca. Terakhir kali kita melihatnya tampil dalam drama “When A Man Falls in Love” di tahun 2013. Sayangnya, tak semua penggemarnya dapat menyaksikan aksi heroiknya dalam film “The Bombing” di tahun 2016. Lalu bagaimana dengan sinopsis "Wind and Cloud and Rain" yang akan ia perankan ini?

Di tahun 2017, ia membuktikan bahwa popularitasnya naik drastis. Kita bakal lebih sering menyaksikan penampilannya. Drama pertama di tahun ini yang akan ia bintangi adalah “Saimdang, Light's Diary”, yang saat ini sedang ditayangkan menggantikan “Legend of The Blue Sea”. Tidak mengherankan apabila “Saimdang, Light Diary” langsung meraup rating yang cukup tinggi. Tentu, selain plot ceritanya yang ciamik, drama ini menarik banyak atensi pecinta K-drama, terutama penggemar Song Seung-heon.

 

Sedangkan filmnya di tahun Ayam Api ini adalah “Commander Kim Chang-soo”. Ia berperan sebagai seorang tokoh antagonis bernama Kang Hyeong-sik. Tokoh utama dari film ini adalah seorang pria Korea yang dijebloskan ke penjara setelah ia membunuh seorang pembunuh berdarah dingin dari Jepang yang telah menewaskan ratu Myeongseong, di abad ke 19. Kang Hyeong-sik adalah seorang kepala sipir penjara yang sangat kejam. Dalam film ini, Song akan beradu akting dengan Cho Jin-woong.

Di tengah kesibukan syutingnya, ternyata ia masih menerima tawaran bermain dalam drama terbaru yang (sekiranya) berjudul “Wind and Cloud and Rain”. Apakah hal ini berarti belum ada kepastian tentang drama tersebut?

 

Jangan khawatir. Drama ini bakal dilanjutkan proses syutingnya, dimana Song Seung-Heon juga sudah menerima tawaran untuk berperan sebagai tokoh utama. Yang belum pasti adalah judulnya, karena judul tersebut diatas adalah terjemahan dari novel yang menjadi inspirasi dari sutradara Yun Sang-ho nantinya. Novel tersebut adalah “Baramgwa Gooreumgwa Bi”, karangan Lee Byung-Joo.  

“Wind and Cloud and Rain” adalah drama korea kolosal yang—lagi-lagi—menceritakan kisah menarik dari dinasti Joseon. Tentu tidak ada salahnya karena drama kolosal yang berbau sejarah Korea seolah tak akan habis dieksplorasi. Selalu ada sisi-sisi menarik dari dinasti Joseon yang dapat menjadi cerita drama yang tak hanya fenomenal, tetapi juga romantis.

Hal ini sangat dimanfaatkan oleh sutradara Yun Sang-Ho, yang memang sangat piawai dalam mengolah sebuah naskah atau novel, menjadi sebuah drama berlatar belakang sejarah dengan sangat menarik dan tak membosankan.

Song Seung-Heon bakal berperan sebagai Heungseon Daewongun. Ia adalah ayah dari raja yang saat itu berkuasa. Namun demikian, ia memiliki wibawa dan kekuatan pengaruh yang luar biasa di Joseon. Sang raja pun selalu tunduk atas perintahnya.

 

 

Drama Korea terbaru ini memang bukanlah murni drama sejarah. Ada beberapa karakter dan kisah fiksi di dalamnya, sehingga pemirsa dijamin tak akan bosan. Memang, ada beberapa drama kolosal yang hanya mendaur ulang sebuah novel ataupun kisah nyata dari sebuah dinasti yang pernah berkuasa. Namun, cerita yang dihadirkan tak berubah sedikitpun dari naskah aslinya.

Bagi sebagian pemirsa, drama historikal semacam ini tak terlalu menarik, terutama apabila drama tersebut menghadirkan sebuah kisah heroik dari seorang tokoh bersejarah. Hal ini dikarenakan para pemirsa sudah sangat paham dengan cerita tersebut, sehingga mereka tak menganggapnya sebagai drama yang punya sisi unik.

Hal inilah yang menginspirasi sutradara Yun Sang-ho. Ia tidak ingin menghadirkan sebuah kisah bersejarah tanpa adanya improvisasi dalam karakter yang terlibat, serta isi cerita. “Wind and Cloud and Rain” akan menjadi drama yang menarik, karena karakter yang dihadirkan nantinya bukan hanya yang fiktif, tetapi juga nyata. Selain itu, cerita yang disuguhkan akan sedikit berbeda dari novel yang ada, tanpa mengubah isi cerita secara keseluruhan.

 

Kita tunggu saja, siapa lagi aktor dan aktris yang juga akan turut serta dalam drama “Wind and Cloud and Rain”.