Drama Korea 2017 "Woman of Dignity" aka "Lady With Class"

Pasang surut kehidupan manusia adalah hal yang wajar terjadi. Banyak orang mengalami kejatuhan setelah mereka menjalani kehidupan yang memungkinkan mereka hidup mewah. Banyak orang mengalami depresi saat mengalami hal seperti ini. Tetapi tak sedikit dari mereka yang tetap tegar, bahkan berusaha untuk bangkit dan meraih apa yang sudah hilang.

Sutradara Kim Yoon-cheol mencoba untuk menginspirasi banyak orang yang mengalami hal serupa. Kali ini, ia mengolah naskah karya Baek Mi-kyeong yang mengisahkan seorang wanita bernama Woo Ah-jin. Ia terlahir kaya raya. Hidupnya selalu mudah, karena ia tak perlu melakukan apapun untuk mendapatkan apapun. Sejak ia kecil, pelayan siap menyediakan kebutuhannya dan menyiapkan apapun yang ingin ia pakai dan makan.

 

Saat ia dewasa, ia menikah dengan seorang pria kaya tentunya. Padahal, sebelumya ia sudah memiliki posisi dan gaji yang cukup bagus sebagai seorang pramugari. Ia jatuh cinta dengan seorang pria kaya, dan mereka berdua menikah. Woo Ah-jin pun berpikir untuk mengabdi saja kepada sang suami, karena ia merasa bahwa kehidupannya akan jauh lebih baik karena si pria kaya ini juga berasal dari keluarga yang tak kalah kaya raya dengan si wanita.

Keduanya menikah tak terlalu lama hingga akhirnya mertua dari wanita ini bangkrut. Parahnya, suaminya juga mengkhianatinya dengan menjalin hubungan dengan guru musik anak mereka berdua.

 

 

Bisa dibayangkan bagaimana seorang wanita manja yang selalu bergantung kepada harta untuk mendapatkan apa yang ia inginkan. Saat harta tersebut hilang, maka ia pun tak tahu lagi apa yang harus ia lakukan. Sang suami pun telah meninggalkannya.

 

Tetapi, jangan mengira bahwa drama ini akan mengisahkan seorang wanita cengeng yang akan meratapi nasib dan berupaya membalas dendam karena pengkhianatan yang akan terjadi. Ia bangkit dan mencari jati dirinya. Ia berusaha untuk mendapatkan pekerjaan apapun, meski tanpa mengorbankan harga dirinya. Meski terasa lambat baginya karena ia tak terbiasa hidup dengan uang pas-pasan, tetapi ia berhasil menyesuaikan diri. Drama ini berakhir bahagia, saat ia dapat memposisikan dirinya kembali seperti dulu.

Ternyata, transformasi total dalam hidupnya memiliki keterkaitan dengan hadirnya Park Bok-ja. Pertemuan keduanya ternyata telah mengubah hidup mereka berdua. Bok-ja adalah seorang wanita dari sebuah wilayah pinggiran. Ia memiliki ambisi besar untuk meninggalkan kehidupannya yang serba kekurangan di wilayahnya. Ia berupaya untuk bisa bergabung dengan mereka yang berada di kalangan atas. Bagaimana pertemuan antara dua wanita yang memiliki status sosial berbeda ini bisa saling mengubah hidup masing-masing?

 

Selain peran Bok-ja, kehidupan Woo Ah-jin juga berubah sejak bertemu dengan pengacaranya, yang diperankan oleh Lee Ki-woo. Ki-woo adalah pengacara yang baru sukses setelah mengalami kecelakaan berat yang membuatnya koma dalam jangka waktu yang cukup lama. Bahkan, setelah sakit, ia justru lebih mengutamakan rasa kemanusiaan ketimbang materi. Pertemuannya dengan Woo Ah-jin membuatnya berjuang keras demi mempertahankan hak-haknya sebagai istri yang dicampakkan dan tidak mendapat sedikitpun harta suami.

 

Sinopsis “Woman of Dignity” mencerminkan kebanyakan wanita masa kini. Berlalu sudah masa-masa dimana wanita tak bisa memiliki karir yang setara dengan pria. Kini, apapun bisa dilakukan wanita, bahkan profesi yang sebelumnya hanya dapat dilakoni oleh pria. Bicara tentang aktor, beberapa aktor drama Korea Selatan lainnya yang bergabung adalah Jung Sang-hoon. 

Tokoh Woo Ah-jin yang menginspirasi dalam drama “Woman of Dignity” diperankan oleh Kim Hee-seon. Sedangkan Park Bo-ja diperankan secara apik oleh Kim Seon-ha. Keduanya bermain dengan totalitas penuh sehingga drama ini pun member kesan mendalam kendati plot ceritanya tampak sangat sederhana.

Sudah tak sabar lagi untuk menantikan penampilan mereka? Tunggu saja penayangan drama komedi satir dengan 20 episode ini di jTBC, Sebelumnya, drama ini sempat akan ditayangkan SBS.